Nurhasanah, - (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Wizer.Me Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 di Kelas IV 101776 Sampali Kecamatan Percut Sei. Tuan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111005_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1181111005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
3. NIM. 1181111005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 1181111005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM. 1181111005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM. 1181111005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1181111005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1181111005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 1181111005_BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 1181111005_BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 1181111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan wizer.me, (2) mengetahui kepraktisan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan wizer.me , dan (3) mengetahui keefektifan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan wizer.me Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 di Kelas IV 101776 Sampali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 101776 Sampali berjumlah 38 peserta didik 17 lakilaki dan 13 perempuan. Teknik engumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, serta lembar soal pretest dan posttest. Hasil
penelitian yang diperoleh menunjukkan: 1) Uji Kelayakan mendapatkan kriteria “Sangat Layak” dengan rincian validator ahli materi diperoleh skor 86,66% dan validator ahli media diperoleh skor 83,33% dengan kriteria “Sangat Layak”. 2)
Uji Kepraktisan oleh guru mendapat skor 95% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil masing-masing mendapat skor sebesar 92% dan 90% dengan kriteria “Sangat Praktis”. 3) Uji Keefektifan diperoleh nilai pretest dan posttest peserta didik sebesar 70,73 dan 92,21. Berdasarkan hasil temuan tersebut disarankan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan Wizer.me demi menciptakan pembelajaran yang bermutu serta
efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; ADDIE; Contextual Teaching and Learning; Lembar Kerja Peserta Didik; Wizer.me. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 03:16 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51611 |