Br Sembiring, Bernita Trayes (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TERHADAPLINGKUNGAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMAN 1 PANGURURAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183141083 Cover.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 4183141083 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4183141083 Abstrak.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM 4183141083 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM 4183141083 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7. NIM 4183141083 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
8. NIM 4183141083 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM 4183141083 BAB I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM 4183141083 Bab V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM 4183141083 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Keterampilan Proses Sains pada materi keanekaragaman hayati berdasarkan ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain,
tanggapan guru biologi, respon peserta didik dan keefektifan serta sikap terhadap lingkungan siswa setelah menggunakan LKPD Sampel peneltitian ini berjumlah 36 siswa kelas X dan penelitian ini merupakan penelitian Research & Develpoment
(R&D) menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, tanggapan guru biologi, respon peserta didik terhadap LKPD berbasis keterampilan proses sains dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD ini layak berdasarkan
penilaian validator materi (90%), pembelajaran (97,5%), dan desain (89,58%). Hal yang sama juga ditemukan terhadap respon guru Biologi (92,57%), dan angket respon peserta didik dinyatakan Baik dengan persentase skor 94,50%. Sedangkan hasil analisis LKPD terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan N-Gain Score diperoleh dengan kategori sedang (0,69) sedangkan untuk analisis
sikap siswa terhadap lingkungan menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sedang (0,64). Maka diperoleh peningkatan sikap terhadap lingkungan setelah menggunakan LKPD tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Sains; Keanekaragaman hayati |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 03:22 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51562 |