Wikurni, Winda (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X SEMESTER I SMA N 1 BATANG KUIS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1._NIM_4113121073_COVER-1.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
2. NIM 4113121073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3._NIM_4113121073_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4._NIM_4113121073_KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5._NIM_4113121073_DAFTAR_ISI-1.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7._NIM_4113121073_DAFTAR_TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8._NIM_4113121073_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9._NIM_4113121073_BAB_I.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
13._NIM_4113121073_BAB_V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
14._NIM_4113121073_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P.2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA N 1 Batang Kuis yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-6 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-8 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay,jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,05 dengan standar deviasi 6,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,58 dengan standar deviasi 6,85. Pada pengujian normalitas untuk pretes kelas eksperimen Lhitung =0,1009 dan Ltabel=0,1566 untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1132, dan Ltabel=0,1566 seehingga Lhitung< Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan uji t dua pihak diperoleh thitung = 0,28 dan ttabel= 1,999 sehingga thitung < ttabel, maka kemampuan awal kedua kelas sama atau homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postet kelas eksperimen 75,85 dengan standar deviasi 7,53 dan kelas kontrol 61,64 dengan standar deviasi 6,49. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 74,44 termasuk dalam kriteria aktif. Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol maka dilakukan uji t satu pihak, hasil uji t diperoleh thitung = 4,9 dan ttabel= 1,699 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh model inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 017 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry training;Pembelajaran Koperatif; Hukum Newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 May 2016 22:50 |
Last Modified: | 09 May 2016 22:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5149 |