Marpaung, Rissa Isabella Taruli (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DALAM FAKTORISASI ALJABAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8196172001 COVER.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
2. 8196172001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
2. 8196172001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
3. 8196172001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4. 8196172001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
5. 8196172001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
6. 8196172001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
7. 8196172001 TABLES.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
8. 8196172001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. 8196172001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. 8196172001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan apakah peningkatan keahlian dalam proses memecahkan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMPN 16 Medan pada T.A 2021/2022; (2) mendeskripsikan apakah peningkatan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMPN 16 Medan pada T.A 2021/2022; (3) mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah; (4) mendeskripsikan apakah terdapatnya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemandirian; (5) mendeskripsikan proses penyelesaian pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 16 Medan, Tahun Ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Terjadi peningkatan terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah yaitu hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional;
(2) Terjadi peningkatan kemandirian siswa dalam proses pembelajaran matematika yaitu kemandirian siswa dalam proses pembelajaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; (4) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa; (5) Proses penyelesaian pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) menunjukkan persentase keberhasilan yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 512.72 Mar p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe NHT, kemampuan pemecahan masalah, kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:23 |
Last Modified: | 30 May 2023 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51357 |