Sirait, Zuli Syafriani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113331048 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2 NIM 4113331048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3 NIM 4113331048 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4 NIM 4113331048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
5 NIM 4113331048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6 NIM 4113331048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
7 NIM 4113331048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8 NIM 4113331048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9 NIM 4113331048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
10 NIM 4113331048 BAB I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14 NIM 4113331048 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
15 NIM 4113331048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X pada materi Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang sudah dipilih berdasarkan karakteristik dan pertimbangan yang telah ditentukan. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas A diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas B diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode test dan data aktivitas dikumpulkan menggunakan metode nontes . Data hasil belajar diuji normalitas dan homogenitasnya, kedua sampel homogeny dan berdistribusi normal. Data hasil belajar menunjukkan pada kelas A dan kelas B berturut-turut dengan rataan 80,00 dan 74,50. Aktivitas siswa menunjukkan pada kelas A dan kelas B berturut-turut dengan rataan83,78 dan 78,89. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Hasil belajar kimia yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi sebesar 68,567 % dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 65,667 % pada materi Hidrokarbon di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. 2. Aktivitas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi sebesar 83,778 % dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 78,889 % pada materi hidrokarbon di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 019 |
Keywords: | Pembelajaran Konvensional; Hidrokarbon |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 22:25 |
Last Modified: | 08 May 2016 22:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5134 |