Sitepu, Ekalias Noka (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TOPIK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 8206182030 COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
2. NIM 8206182030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
3. NIM 8206182030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM 8206182030 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 8206182030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 8206182030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. NIM 8206182030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. NIM 8206182030 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM 8206182030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM 8206182030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 8206182030 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari model pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru, dimana guru belum pernah mengembangkan suatu perangkat pembalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan produk Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Topik Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dilaksanakan di Kelas IV SDN 155701 Pahieme 2 Kecamatan Sorkam Barat pada siswa dan guru Sekolah Dasar dilaksanakan pada Tahun 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar terdiri dari masing-masing 32 siswa setiap kelasnya.
Objek dalam penelitian ini adalah produk Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Instrumen pengeumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kreatif; (2) lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan (3) lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perhitungan nilai t untuk faktor pembelajaran sebesar 5,499, maka dapat disimpulkan bahwa thitung = 5,499 > dengan ttabel = 2,042, dengan taraf signifikansi sebesar 0.000. Nilai tersebut jauh lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga disimpulkan bahwa H0 yang menyatakan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran berbasis HOTS melalui pembelajaran matematika realistik lebih rendah dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa siswa yang diajarkan dengan Perangkat Pembelajaran konvensional ditolak. Dengan kata lain dapat dinyatakan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran berbasis HOTS melalui pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan Perangkat Pembelajaran konvensional. Dengan kata lain dapat dinyatakan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran berbasis HOTS melalui pembelajaran matematika realistik sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sit p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran Pembelajaran Matematika Realistik, Berbasis HOTS, dan Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:57 |
Last Modified: | 28 May 2024 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51326 |