PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI 3D MENGGUNAKAN BLENDER PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X DI YP SMK IMELDA MEDAN

Sari, Ayu Puspita (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI 3D MENGGUNAKAN BLENDER PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X DI YP SMK IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 5173151012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 5173151012 COVER.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 2. 5173151012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 5173151012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 3. 5173151012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 5173151012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 4. 5173151012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 5173151012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 5. 5173151012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 5173151012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 6. 5173151012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. 5173151012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 7. 5173151012 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. 5173151012 TABLES.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 8. 5173151012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 5173151012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 9. 5173151012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 5173151012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 13. 5173151012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 5173151012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 14. 5173151012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 5173151012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif terhadap keefektivan kegiatan belajar mengajar di kelas X TKJ 1 Sekolah Menengah kejuruan swasta Imelda Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan yaitu waterfall yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Requirement Analysis, Design, Development, Testing, serta Maintenace. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara serta kuesioner. hasil penelitian didapatkan dari validasi pakar materi yang diuji sang 2 orang validator memperoleh nilai rata-rata 4,5, dengan kategori “sangat baik”. Validasi pakar media yang diuji oleh 2 orang validator memperolen nilai rata-rata 4,45, dengan kategori “sangat baik”. hasil analisis akseptansi pengguna produk memperoleh nilai sebesar 5,35, dengan kategori “sangat baik”. rata-rata hasil uji N-Gain sebesar 88,57 dengan kategori “efektif”. dengan demikian, media pembelajaran animasi 3D yang dikembangkan telah lulus hasil uji coba dan bisa dipergunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Animasi 3d, Unity 3d, Blender
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 May 2023 07:53
Last Modified: 09 May 2023 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51299

Actions (login required)

View Item
View Item