Marwan, Khairun Nisa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8214075004 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8214075004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
3. NIM. 8214075004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 8214075004 PREPACE.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
5. NIM. 8214075004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 8214075004 TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 8214075004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 8214075004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM. 8214075004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
13. NIM. 8214075004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 8214075004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Scientific Inquiry dan Adversity Quotient terhadap hasil belajar siswa di SMA. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan two group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel diambil secara cluster random sampling. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar essay terdiri dari 14 soal dan tes Adversity Quotient yang terdiri dari 20 pernyataan serta telah dinyatakan valid. Data dalam penelitian dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik daripada pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa yang memiliki Adversity Quotient tingggi lebih baik daripada siswa yang memiliki Adversity Quotient rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquiry dan Adversity Quotient terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Mar p |
Keywords: | Model pembelajaran, Scientific Inquiry, Adversity Quotient, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:48 |
Last Modified: | 30 May 2023 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51298 |