Erwinsyah, Ridho (2016) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4112131015 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 4112131015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3 NIM 4112131015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4 NIM 4112131015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5 NIM 4112131015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6 NIM 4112131015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7 NIM 4112131015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8 NIM 4112131015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
9 NIM 4112131015 BAB I.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
13 NIM 4112131015 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14 NIM 4112131015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa dengan menerapkan model mengajar menginduksi perubahan konsep (M3PK) Simson Tarigan pada materi Struktur Atom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Teluk Mengkudu Serdang Bedagai yang berjumlah dua kelas dengan total jumlah siswa 54 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh, dimana seluruh populasi kelas diambil sebagi sampel, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Masing - masing kelas terdiri atas 27 orang siswa. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar, dan motivasi belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test pada program SPSS-21 for windows, diperoleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α=0,05). Pada pengujian hipotesis 1 diperoleh sig. < α (sig 0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan Ha1 diterima, yakni peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan M3PK pada pokok bahasan struktur atom dengan taraf tingkat kepercayaan 95%.
Pengujian hipotesis 2, diperoleh sig. < α, yaitu sig. 0,000 < 0,05, ini berarti Ha2 diterima, Peningkatan motivasi siswa yang diajar dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih tinggi daripada peningkatan motivasi siswa yang diajar tanpa menggunakan M3PK pada pokok bahasan struktur atom pada tingkat kepercayaan 95 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 014 |
Keywords: | M3PK; Struktur atom; Hasil belajar; motivasi; SPSS-21 for windows |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 19:49 |
Last Modified: | 08 May 2016 19:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5127 |