PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA KELAS X

Simanjuntak, Laura Valentina (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4113331024_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4113331024_COVER.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4113331024_APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4113331024_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4113331024_ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4113331024_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4113331024_PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4113331024_PREFACE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4113331024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4113331024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4113331024_ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4113331024_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4113331024_TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4113331024_TABLES.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4113331024_APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4113331024_APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4113331024_CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4113331024_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4113331024_CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4113331024_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4113331024_BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4113331024_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Sistem Periodik Unsur serta untuk mengetahui korelasi aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan berjumlah dua kelas. Sampel penelitian adalah sampel total, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran model Problem Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Instrument yang digunakan adalah test objektif sebanyak 20 butir yang telah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda,distraktor dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t pihak kanan dan uji korelasi. Rata – rata peningkatan hasil belajar (gain) pada kelas eksperimen sebesar 73,9% ± 0,070 dan kelas kontrol sebesar 56,75% ± 0,087. Rata – rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,04 ± 7,47 dan pada kelas kontrol sebesar 71,79 ±7,24. Uji Hipotesis I diperoleh thitung > ttabel,(9,74 > 1,974)yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) lebih tinggi daripadarata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instructions. Uji hipotesis II diperoleh harga thitung > ttabel,( 4,90 > 1,974), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu aktivitas belajar siswa dengan menerapkanmodel pembelajaran Problem Based Learning(PBL) lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instructions. Uji hipotesis III (uji korelasi)rhitung = 0,449 karenarhitung> rtabel (0,449> 0,312) maka Ha diterima, yang menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswayang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 023
Keywords: Problem Based Learning; Peningkatan Hasil Belajar; aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 May 2016 19:01
Last Modified: 08 May 2016 19:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5118

Actions (login required)

View Item
View Item