Simanjuntak, Laura Valentina (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113331024_COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM. 4113331024_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
3. NIM. 4113331024_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 4113331024_PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM. 4113331024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6. NIM. 4113331024_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM. 4113331024_TABLES.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
8. NIM. 4113331024_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 4113331024_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 4113331024_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM. 4113331024_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Sistem Periodik Unsur serta untuk mengetahui korelasi aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan berjumlah dua kelas. Sampel penelitian adalah sampel total, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran model Problem Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Instrument yang digunakan adalah test objektif sebanyak 20 butir yang telah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda,distraktor dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t pihak kanan dan uji korelasi. Rata – rata peningkatan hasil belajar (gain) pada kelas eksperimen sebesar 73,9% ± 0,070 dan kelas kontrol sebesar 56,75% ± 0,087. Rata – rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,04 ± 7,47 dan pada kelas kontrol sebesar 71,79 ±7,24. Uji Hipotesis I diperoleh thitung > ttabel,(9,74 > 1,974)yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) lebih tinggi daripadarata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instructions. Uji hipotesis II diperoleh harga thitung > ttabel,( 4,90 > 1,974), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu aktivitas belajar siswa dengan menerapkanmodel pembelajaran Problem Based Learning(PBL) lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instructions. Uji hipotesis III (uji korelasi)rhitung = 0,449 karenarhitung> rtabel (0,449> 0,312) maka Ha diterima, yang menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswayang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 023 |
Keywords: | Problem Based Learning; Peningkatan Hasil Belajar; aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 19:01 |
Last Modified: | 08 May 2016 19:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5118 |