PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL PRAKTEK TATA HIDANG DI SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN

HIKMA, HASIBUAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL PRAKTEK TATA HIDANG DI SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5183142009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5183142009 COVER.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5183142009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5183142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5183142009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5183142009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5183142009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5183142009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5183142009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5183142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5183142009  TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5183142009 TABLES.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5183142009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5183142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5183142009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5183142009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5183142009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5183142009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 5183142009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5183142009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5183142009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5183142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (930kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Mengetahui hasil praktek tata hidang dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match, (2). Mengetahui hasil praktek tata hidang dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3). Mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil praktek tata hidang di SMK Pariwisata Imelda Medan.
Populasi didalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan dengan jumlah 75 orang siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November 2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga yang menjadi sampel pada penelitian adalah keseluruhan siswa kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan dengan jumlah 75 orang yang terdiri dari 39 orang pada kelas eksperimen dan 36 orang pada kelas kontrol. Metode pengumpulan data hasil praktek tata hidang pada materi Penataan Meja menggunakan rubrik pengamatan dengan menggunakan 2 pengamat. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil praktek tata hidang dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match termasuk kategori cenderung Tinggi dengan rata-rata nilai sebesar 93,51. Sedangkan tingkat kecenderungan hasil praktek tata hidang dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional termasuk kategori cenderung Cukup dengan rata-rata nilai sebesar 87,88. Kedua data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dari hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu (964,07 > 1,99) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil praktek tata hidang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Praktek, Tata hidang
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:33
Last Modified: 16 Jan 2024 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50954

Actions (login required)

View Item
View Item