Nauly, Meutia (2022) Peningkatan OCB Guru SMA: Pengaruh Mindfulness, Nilai Kolektif, Kepemimpinan Transformasional, Kondisi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Guru Sma Negeri Di Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
1-COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8-LEMBAR PERSETUJUAN DISERTASI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9-BAB 1.pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
13-BAB 5.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jawaban permasalahan sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh langsung mindfulness terhadap OCB? (2) Apakah ada pengaruh langsung nilai kolektif terhadap OCB? (3) Apakah ada pengaruh langsung kepemimpinan transformasional terhadap OCB? (4) Apakah ada pengaruh langsung kondisi kerja terhadap OCB? (5) Apakah ada pengaruh langsung mindfulness terhadap kepemimpinan transformasional? (6) Apakah ada pengaruh langsung nilai kolektif terhadap kepemimpinan transformasional? (7) Apakah ada pengaruh langsung mindfulness terhadap kondisi kerja? (8) Apakah ada pengaruh langsung nilai kolektif terhadap kondisi kerja? (9) Apakah kepemimpinan transformasional memperantarai pengaruh mindfulness terhadap OCB? (10) Apakah kepemimpinan transformasional memperantarai pengaruh nilai kolektif terhadap OCB? (11) Apakah kondisi kerja memperantarai pengaruh mindfulness terhadap OCB? (12) Apakah kondisi kerja memperantarai pengaruh nilai kolektif terhadap OCB? (13) Apakah model teoritik yang ditawarkan sesuai atau fit dengan data empiris? Kajian ini menggunakan metode kuantitatif dengan disain penelitian survei korelasi kausal. Pengumpulan data menggunakan skala atau instrumen penelitian melalui survei online menggunakan Formulir G dari Google. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Populasi Penelitian adalah guru-guru SMA Negeri di Medan yang berjumlah 1392. Sampel penelitian diambil secara random stratified sampling berjumlah 552 orang guru SMA Negeri di Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mindfulness berpengaruh langsung positif terhadap terhadap OCB, dengan nilai koefisien jalur 0,415, dengan nilai p < 0,001, yang berarti < los 0,05; (2) Nilai kolektif tidak berpengaruh langsung terhadap OCB (3) Kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh langsung terhadap OCB; (4) Kondisi kerja berpengaruh langsung signifikan dan positif terhadap OCB, dengan nilai koefisien jalur 0,166 dengan nilai p < 0,001, juga berarti los 0,05; (5) Mindfulness berpengaruh langsung terhadap kepemimpinan transformasional (6) Nilai kolektif berpengaruh langsung terhadap kepemimpinan transformasional (7) Mindfulness berpengaruh positif langsung signifikan terhadap kondisi kerja, dengan nilai koefisien jalur adalah 0,595, dengan nilai p < 0,001, yang berarti < los 0,05; (8) Nilai kolektif tidak berpengaruh langsung terhadap kondisi kerja (9) Kepemimpinan transformasional tidak memperantarai pengaruh mindfulness terhadap OCB (10) Kepemimpinan transformasional tidak memperantarai pengaruh nilai kolektif terhadap OCB (11) Kondisi kerja memperantarai pengaruh mindfulness terhadap OCB dengan besaran 0,60 X 0,17 = 0,102. Pengaruh total variabel mindfulness terhadap OCB, melalui variabel kondisi kerja = 0,41 + 0,102 = 0,512; (12) Kondisi kerja memperantarai pengaruh nilai kolektif terhadap OCB dengan besaran 0,60 X 0,17 = 0,102. Pengaruh total variabel mindfulness terhadap OCB, melalui variabel kondisi kerja = 0,41 + 0,102 = 0,512 (13) Model teoritik yang ditawarkan sesuai atau fit dengan data empiris dengan RMSEA= 0,06 (< 0,1); GFI = 0,98 (>0,9); SRMR = 0,063 (< 0,8). Implikasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan OCB di sekolah, i Perlu memperhatikan berbagai kondisi yang disiapkan, dalam hal ini penguatan mindfulness, melalui pelatihan dan praktik pelaksanaan mindfulness, dan penguatan kondisi kerja, yang berarti juga diperlukan pemberdayaan struktural guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 1 Nau p |
Keywords: | Mindfullness; nilai kolektif; kondisi kerja; kepemimpinan transformasional OCB |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 06:59 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50883 |