UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)DAN TEKNIK MENCATAT MIND MAP DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PARBULUAN T.P 2014/2015

Sigalingging, Pujiono (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)DAN TEKNIK MENCATAT MIND MAP DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PARBULUAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 4113141063 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4113141063 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM 4113141063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2015/2016 dengan mengkombinasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teknik Mencatat Mind Map
Penelitian ini di desain dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2015/2016. Instrumen penelitian yang diginakan adalah tes kognitif siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 55 butir soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,875. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretes adalah 14, nilai rata-rata postes I adalah 6,27 (27 siswa tuntas) dan nilai rata-rata postes II adalah 72,125 (35 siswa tuntas). Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada siklus I adalah 67,5% hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal karena belum mencapai ≥85%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa menjadi 87,5%. Dalam aspek psikomotorik, yaitu penilaian pada Mind Map siswa menunjukkan nilai yang baik. Untuk penilaian pada Mind Map pada siklus I, siswa mendapatkan persentase rata-rata 73,83% dan hasilmya meningkat pada siklus II menjadi 83%
Hasil penelitian ini membuktikan, kombinasi model pembelajarn kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) dan Teknik Mencatat Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 015
Keywords: STAD, Mind Map; Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 May 2016 03:20
Last Modified: 03 May 2016 17:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5088

Actions (login required)

View Item
View Item