Pulungan, Intan (2022) Inovasi Pembelajaran dengan E-Learning Berbasis Literasi Digital Untuk Pelatihan Jarak Jauh Guru Kimia Madrasah Aliyah. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196146001 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8196146001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM. 8196146001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
4. NIM. 8196146001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 8196146001 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM. 8196146001 TABELS.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8196146001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8196146001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM. 8196146001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (786kB) | Preview
13. NIM. 8196146001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
14. NIM. 8196146001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
Abstract
Menghadapi era pengetahuan diperlukan inovasi pembelajaran yang memungkinkan peserta pelatihan dapat mengakses pengetahuan dimanapun dan kapanpun. Peserta pelatihan memerlukan inovasi pembelajaran berbasis literasi digital yang dapat meningkatkan kreatifitas untuk perubahan cara belajarnya dengan teknologi karena seseorang mereduksi cara belajarnya berdasarkan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang inovatif menggunakan elektronik – Modul Berbasis Literasi Digital (e-MBLD), yang valid, praktis, dan efektif dalam rangka meningkatkan hasil belajar, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta pelatihan PJJ Guru Kimia MA pada Materi Esensial Hydrokarbon dan Minyak Bumi. Penelitian dilakukan dengan melakukan tahap Analisition, Desain, Development, Implementation, and Evaluation, (ADDIE). Subyek penelitian ini adalah peserta pelatihan jarak jauh Guru Kimia Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Medan sebanyak 23 orang peserta. Validasi instrumen tes dilakukan di Balai Diklat Keagamaan Aceh, terhadap 30 orang peserta pelatihan Guru Kimia MA. Hasil penelitian menunjukan bahwa Validitas produk e-MBLD pada pokok bahasan Materi Essensial Hidrokarbon Dan Minyak Bumi adalah valid artinya sangat layak. Kepraktisan desain e-MBLD pada pokok bahasan Materi Essensial Hidrokarbon dan Minyak Bumi dengan kriteria baik, Efektifitas produk e-MBLD pada pokok bahasan Materi Essensial Hidrokarbon dan Minyak Bumi dengan kriteria baik. Terdapat korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan hasil belajar peserta PJJ yang menggunakan e-MBLD pada pokok bahasan materi essensial hidrokarbon dan minyak bumi karena harga Sig. < α (0,046 < 0,05) maka Ha diterima. Artinya terdapat hubungan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar yang diajarkan dengan e-MBLD, karena harga Sig. < α (0,034 < 0,05) maka Ha diterima. Artinya terdapat hubungan antara motivasi berprestasi belajar terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta pelatihan kimia yang diajarkan dengan e-MBLD kimia MA
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 547.507 2 Pul i |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Berpikir Kritis; Materi Essensial dan Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 06:18 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50864 |