Sihotang, Candra (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Blended Learning (PBIBBL) Bagi Siswa SMP. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8196125004 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 8196125004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8196125004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 8196125004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 8196125004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
6. NIM 8196125004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7. NIM 8196125004 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
8. NIM 8196125004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM 8196125004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
13. NIM 8196125004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
14. NIM 8196125004 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (654kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengembangkan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Blended Learnig (Model PBIBBL) bagi Siswa SMP Kelas VII. Tahapan pembelajaran pada model PBIBBL meliputi: Pencarian Informasi (Seeking of Information), Belajar Individu (Personal Learning), Berdiskusi (Collaboration), Berkomunikasi (Communication), dan Latihan (Assesment). Pengembangan ini menghasilkan empat buah produk yaitu buku modul PBIBBL, buku ajar, buku panduan guru, dan buku panduan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model PBIBBL beserta produk pendukungnya yang layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas VII jenjang SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Metode penelitian terdiri dari tahapan: (1) penelitian dan pengumpulan data melalui survei, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk permulaan dari produk), (4) uji coba awal lapangan, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk operasional, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) disseminasi dan implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis blended learning bagi siswa SMP layak digunakan berdasarkan hasil uji kelayakan terhadap keempat produk oleh validator, guru, dan siswa sebagai pengguna, (2) model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis blended learning bagi siswa SMP efektif digunakan berdasarkan hasil uji t dan interpretasi N-Gain Score yang menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sih p |
Keywords: | pengembangan; model pembelajaran; Bahasa Indonesia; blended learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 06:01 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50862 |