Asrul (2023) Pengembangan Model Pembelajaran E-Lima pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
1. 8156124009 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. 8156124009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. 8156124009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. 8156124009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. 8156124009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. 8156124009 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. 8156124009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. 8156124009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. 8156124009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
13. 8156124009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
14. 8156124009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
Abstract
Implikasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengharuskan mahasiswa untuk menguasai keterampilan abad 21 agar dapat berperan aktif dalam kehidupan masa depan. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa agar menguasai kompetensi tersebut, perguruan tinggi dipandang perlu untuk menyesuaikan model pembelajarannya kemajuan teknologi dan tuntutan kompetensi abad 21. Model pembelajaran yang diwarkan adalah model pembelajaran yang memadukan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan flipped classroom dalam lingkungan blended learning, yang disebut sebagai Model Pembelajaran E-Lima.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1). Menciptakan model pembelajaran berbasis masalah dalam lingkungan pembelajaran campuran dengan pendekatan kelas terbalik (Problem Based Laerning Blended Fliffed Classroom) di UIN Sumatera Utara. 2). Mengetahui kevalidan model pembelajaran yang dikembangkan. 3). Mengetahui kepraktisan model pembelajaran yang dikembangkan. 4). Mengetahui keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan adaptasi dari Plomm yang terdiri lima tahapan, yaitu: 1) investigasi awal, 2) perancangan, 3) realisasi/konstruksi, 4) pengujian, evaluasi, dan revisi, 5) implementasi. Kevalidan model diukur berdasarkan penilaian para ahli dan dianalisis menggunakan statistik formula Aiken’s V. Kepraktisan model dilihat dari penilaian dosen dan mahasiswa dan dianalisis menggunakan statitsik deskriptif distribusi frekwensi. Keefektifan model dinilai berdasarkan hasil belajar dan tingkat keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran, dianalisis menggunakan statistik independet sample t-test.
Penelitian ini telah menghasilkan model pembelajaran E-Lima beserta perangkat-perangkat pembelajarannya. Berdasarkan penilaian para ahli dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Asr p |
Keywords: | Model Pembelajaran E-Lima; Problem based Learning; Blanded Learning; Flipped Classroom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 05:33 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 05:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50859 |