Pengembangan Model Pembelajaran E-Lima pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan

Asrul (2023) Pengembangan Model Pembelajaran E-Lima pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8156124009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8156124009 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8156124009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8156124009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8156124009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8156124009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8156124009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8156124009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8156124009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8156124009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8156124009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8156124009 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8156124009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8156124009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8156124009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 8156124009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8156124009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8156124009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8156124009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8156124009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8156124009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8156124009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview

Abstract

Implikasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengharuskan mahasiswa untuk menguasai keterampilan abad 21 agar dapat berperan aktif dalam kehidupan masa depan. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa agar menguasai kompetensi tersebut, perguruan tinggi dipandang perlu untuk menyesuaikan model pembelajarannya kemajuan teknologi dan tuntutan kompetensi abad 21. Model pembelajaran yang diwarkan adalah model pembelajaran yang memadukan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan flipped classroom dalam lingkungan blended learning, yang disebut sebagai Model Pembelajaran E-Lima.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1). Menciptakan model pembelajaran berbasis masalah dalam lingkungan pembelajaran campuran dengan pendekatan kelas terbalik (Problem Based Laerning Blended Fliffed Classroom) di UIN Sumatera Utara. 2). Mengetahui kevalidan model pembelajaran yang dikembangkan. 3). Mengetahui kepraktisan model pembelajaran yang dikembangkan. 4). Mengetahui keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan adaptasi dari Plomm yang terdiri lima tahapan, yaitu: 1) investigasi awal, 2) perancangan, 3) realisasi/konstruksi, 4) pengujian, evaluasi, dan revisi, 5) implementasi. Kevalidan model diukur berdasarkan penilaian para ahli dan dianalisis menggunakan statistik formula Aiken’s V. Kepraktisan model dilihat dari penilaian dosen dan mahasiswa dan dianalisis menggunakan statitsik deskriptif distribusi frekwensi. Keefektifan model dinilai berdasarkan hasil belajar dan tingkat keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran, dianalisis menggunakan statistik independet sample t-test.
Penelitian ini telah menghasilkan model pembelajaran E-Lima beserta perangkat-perangkat pembelajarannya. Berdasarkan penilaian para ahli dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.33 Asr p
Keywords: Model Pembelajaran E-Lima; Problem based Learning; Blanded Learning; Flipped Classroom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:33
Last Modified: 24 Feb 2023 05:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50859

Actions (login required)

View Item
View Item