Sinaga, Yenni Wati (2015) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH MENGGUNAKAN CATATAN PENTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA SUB MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUALUH LEIDONG T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113341050 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4113341050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 4113341050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 4113341050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM. 4113341050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4113341050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4113341050 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4113341050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4113341050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13. NIM. 4113341050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 4113341050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dan aktivitas siswa melalui penerapan strategi index card match menggunakan catatan penting di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Leidong Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA yang berjumlah 40 orang siswa. Pengamatan aktivitas siswa dilakukan oleh dua orang pengamat masing-masing mengamati 8 orang siswa. Instrumen instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda serta lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran. Kegiatan perbaikan pada siklus I : Peneliti member pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kartu indeks, pada siklus II : Peneliti memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan siswa lain untuk menjawab pertanyaan yang diajukan siswa sebelumnya. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa ada peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 71,8% dan ketuntasan secara klasikalnya 57,5% (tidak tuntas), pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 88,4 dan ketuntasan secara klasikal 100% (tuntas). Untuk aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tiap siklus, secara klasikal aktivitas visual dari siklus I sampai siklus II meningkat15,63%, aktivitas mendengarkan meningkat dari siklus I sampai siklus II 14,84%, aktivitas oral meningkat dari siklus I sampai siklus II 15,62%, aktivitas menulis meningkat dari siklus I sampai siklus II 15,24%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 25% tergolong kategori sangat baik. Hal ini berarti bahwa penerapan strategi index card match menggunakan catatan penting di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Leidong Tahun Pembelajaran2016/2016 dapat meningkatkan hasil belajar biologi dan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 014 |
Keywords: | novasi Pembelajaran; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar Model Pembelajaran Kooperatif; Index Card Match. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 00:57 |
Last Modified: | 03 May 2016 00:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5077 |