KETAREN, YUNANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7181141015 COVER.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2.NIM. 7181141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
3. NIM 7181141015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM 7181141015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7181141015 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM. 7181141015 TABLES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM. 7181141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. NIM. 7181141015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM 7181141015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
13. NIM 7181141015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 7181141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi Siswa kelas X IIS. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kabanjahe yang beralamat di JL Jamin Ginting Kel.Kampung Dalam. Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo Tahun 2022/2023.
Jenis penelitian ini eksperimen dengan menggunakan teknik semu (quasi Eksperiment) yang berasal dari dua kelas, yaitu kelas X IIS 2 sebagai kelas Kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan kelas X IIS 3 sebagai kelas Eksperiment dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions. Untuk mendapatkan data yang diharapkan dalam penelitian ini dengan menggunakan tes soal pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah di validasi dan kemudian di uji cobakan kepada siswa kelas XI IIS, untuk mengetahui validasi, reliabilitas, tingkat kesukran dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dan nilai rata – rata siswa. Dari hasil penelitian untuk kelas Kontrol rata – rata preTest 39.30 dan nilai rata – rata postTest 70.41 sedangkan nilai rata – rata kelas Eksperiment PreTest 47.22 dan nilai postTest adalah sebesar 76.66. Data pada uji normalitas dan homogenitas didapatkan hasil bahwa berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu thitung > ttabel. Thitung = 73.115 dengan jumlah ttabel = 1.688 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Student Teams Achievement Divisions , dan Hasil Belajar . |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:23 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50739 |