PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

KETAREN, YUNANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7181141015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7181141015 COVER.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 7181141015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 7181141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7181141015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7181141015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7181141015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7181141015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7181141015 TABLES OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7181141015 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7181141015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7181141015 TABLES.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7181141015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7181141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7181141015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7181141015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7181141015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7181141015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7181141015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7181141015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7181141015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7181141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi Siswa kelas X IIS. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kabanjahe yang beralamat di JL Jamin Ginting Kel.Kampung Dalam. Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo Tahun 2022/2023.
Jenis penelitian ini eksperimen dengan menggunakan teknik semu (quasi Eksperiment) yang berasal dari dua kelas, yaitu kelas X IIS 2 sebagai kelas Kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan kelas X IIS 3 sebagai kelas Eksperiment dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions. Untuk mendapatkan data yang diharapkan dalam penelitian ini dengan menggunakan tes soal pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah di validasi dan kemudian di uji cobakan kepada siswa kelas XI IIS, untuk mengetahui validasi, reliabilitas, tingkat kesukran dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dan nilai rata – rata siswa. Dari hasil penelitian untuk kelas Kontrol rata – rata preTest 39.30 dan nilai rata – rata postTest 70.41 sedangkan nilai rata – rata kelas Eksperiment PreTest 47.22 dan nilai postTest adalah sebesar 76.66. Data pada uji normalitas dan homogenitas didapatkan hasil bahwa berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu thitung > ttabel. Thitung = 73.115 dengan jumlah ttabel = 1.688 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Student Teams Achievement Divisions , dan Hasil Belajar .
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:23
Last Modified: 12 Oct 2023 02:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50739

Actions (login required)

View Item
View Item