LARASATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADAMATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173341025 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 7173341025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3. NIM. 7173341025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM. 7173341025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 7173341025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. NIM. 7173341025 TABLE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 7173341025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7173341025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 7173341025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM. 7173341025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
14. NIM. 7173341025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yaitupenelitian eksperimen karena peneliti akan mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu kepada kedua kelompok sampel. Populasi penelitian yakniseluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Medan sebanyak108 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yaituPurposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu oleh peneliti. Dari jumlah populasi sebanyak tiga kelas, diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Dimana kelas X IPS 1 telah ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan kelas X IPS 2 ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes dan angket. Sebelum tes dan angket penelitian ini diberikan kepada sampel, maka dilakukan ujiinstrumen terlebih dahulu melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya uji coba instrumen tes dilakukan menggunakan uji daya beda tes dan uji tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui nilai rata-rata, standar deviasi, nilai varians, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji anava. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar ekonomi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model konvensional yang dibuktikan denganthitung> ttabel (7,514>1,667); 2) hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diajar dengan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan denganthitung> ttabel (4,198 >1,687); 3) hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diajar dengan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan denganthitung> ttabel (7,348>1,699) pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Medan TA. 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran NHT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 01:59 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50729 |