PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADAMATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

LARASATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADAMATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7173341025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7173341025 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7173341025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7173341025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7173341025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7173341025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7173341025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7173341025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7173341025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7173341025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7173341025 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7173341025 TABLE.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7173341025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7173341025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7173341025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7173341025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7173341025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7173341025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7173341025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7173341025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7173341025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7173341025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yaitupenelitian eksperimen karena peneliti akan mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu kepada kedua kelompok sampel. Populasi penelitian yakniseluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Medan sebanyak108 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yaituPurposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu oleh peneliti. Dari jumlah populasi sebanyak tiga kelas, diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Dimana kelas X IPS 1 telah ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan kelas X IPS 2 ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes dan angket. Sebelum tes dan angket penelitian ini diberikan kepada sampel, maka dilakukan ujiinstrumen terlebih dahulu melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya uji coba instrumen tes dilakukan menggunakan uji daya beda tes dan uji tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui nilai rata-rata, standar deviasi, nilai varians, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji anava. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar ekonomi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model konvensional yang dibuktikan denganthitung> ttabel (7,514>1,667); 2) hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diajar dengan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan denganthitung> ttabel (4,198 >1,687); 3) hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diajar dengan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan denganthitung> ttabel (7,348>1,699) pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Medan TA. 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran NHT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:59
Last Modified: 12 Oct 2023 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50729

Actions (login required)

View Item
View Item