Saragih, Mita Asnia Br (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 KABANJAHE T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7181141013 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 7181141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
3. NIM 7181141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM 7181141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM 7181141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
6. NIM 7181141013 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM 7181141013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8.NIM 7181141013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM 7181141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM 7181141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM 7181141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurang aktifnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah SMA Negeri 2 Kabanjahe. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment atau eksperimen.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memiikiperbedaan dari pada menggunakan metode konvensional di kelas XI IPS SMAN 2 Kabanjahe T.P 2022/2023. 2)untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan siswa yang memiliki aktivitas belajar dikelas eksperimen dengan model TGT dibandingkan dengan siswa yang memiliki aktivitas belajar kelas kontrol XI IPS SMAN 2 Kabanjahe T.P 2022/2023. 3) untuk mengetahui apakah terdapat siswa yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih aktif dalam dibandingkan siswa dengan metode Konvensionl kelas XI IPS SMAN 2 Kabanjahe T.P 2022/2023. 4) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Aktivitas belajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Kabanjahe T.P 2022/2023.
Desain penelitian yang digunakan adalah factorial 2x2 dengan analisis varian anava. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kabanjahe yang berjumlah 99orang yang tersebar dalam 3 kelas. Sampel penelitian berjumlah 68 orang yang terdiri dari dua kelas dengan memnggunakan teknik Purposive Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi dengan model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional di kelas XI IPS SMAN 2 Kabanjahe dengan signifikan 0,000< 0,05. Untuk hipotesis kedua, terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah di kelas XI IPS SMAN 2 Kabanjahe dengan signifikan 0,024 <0,05. Untuk hipotesis ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih aktif dibandingkan siswa dengan metode Konvensional kelas XI IPS SMAN 2 Kabanjahe dengan signifikan 0,000< 0,05. Untuk hipotesis keempat, tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar di kelas XI IPS SMAN 2 kabanjahe dengan signifikan 0,510> 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), AktivitasBelajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 01:54 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50726 |