SARAGIH, RONI MUTIARA SARI (2023) PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 RAYAT.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182141007 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM 7182141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM 7182141007 ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
4. NIM 7182141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
5. NIM 7182141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM 7182141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM 7182141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM 7182141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM 7182141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
13. NIM 7182141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM 7182141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa Kelas XI IPS SMA negeri 1 Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 102 siswa dan sampel keseluruhan total siswa yaitu 102 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan studi dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regsresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persamaan Regresi Y = 35,309 + 0,197 X1 + 0,193 X2 + 0,221 X3.(2) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya dengan nilai thitung> ttabel dimana 5,078 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya dengan nilai thitung> ttabel dimana 3,314 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (4) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya dengan nilai thitung> ttabel dimana 3,872 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (5) Secara Simultan Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya dengan nilaifhitung> ftabel dimana 39,647 > 2,70 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (6) Kontribusi Motivasi, Displin, dan Fasilitas Belajar memberikan pengaruh sebesar 54% terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya, sedangkan 46% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi, Disiplin, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50719 |