Saragih, Roni Mutiara Sari (2023) PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 RAYAT.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182141007 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM 7182141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM 7182141007 ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
4. NIM 7182141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
5. NIM 7182141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM 7182141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM 7182141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM 7182141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM 7182141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
10. NIM 7182141007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 7182141007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 7182141007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 7182141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM 7182141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
15. NIM 7182141007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa Kelas XI IPS SMA negeri 1 Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 102 siswa dan sampel keseluruhan total siswa yaitu 102 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan studi dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regsresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persamaan Regresi Y = 35,309 + 0,197 X1 + 0,193 X2 + 0,221 X3.(2) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya dengan nilai thitung> ttabel dimana 5,078 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya dengan nilai thitung> ttabel dimana 3,314 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (4) Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya dengan nilai thitung> ttabel dimana 3,872 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (5) Secara Simultan Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya dengan nilaifhitung> ftabel dimana 39,647 > 2,70 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (6) Kontribusi Motivasi, Displin, dan Fasilitas Belajar memberikan pengaruh sebesar 54% terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Raya, sedangkan 46% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi, Disiplin, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
| Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:28 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 05:13 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50719 |
