HASIBUAN, LELI HERAWATI (2023) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA S MUHAMMADIYAH 2 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182141006 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM 7182141006 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
3. NIM 7182141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. NIM 7182141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
5. NIM 7182141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM 7182141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM 7182141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 7182141006 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 7182141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
13. NIM 7182141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM 7182141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA S Muhammadiyah 2 Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi Edukatif dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA S Muhammadiyah 2 Medan T.A 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 133 orang siswa. Sampel sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu Random Samplig. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan penyebaran angket.. Kemudian data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda, dengan uji hipotesis yaitu uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 22, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 38,855 + 0,288X1 + 0,33X2 + e. Analisis uji t untuk variabel Interaksi Edukatif (X1) diperoleh thitung>ttabel (5,405 > 1,66055) dengan nilai sig α 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa Interaksi Edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Untuk variabel Kemampuan Berpikir Kritis (X2) diperoleh thitung>ttabel (6,123 > 1,66055) dengan nilai sig α 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa Kemampuan Berpikir Kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan hasil uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung>Ftabel (44,509 > 3,09). Dengan nilai sig α 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Interaksi Edukatif (X1) dan Kemampuan Berpikir Kritis (X2) terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Interaksi Edukatif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pretasi Belajar Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:06 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50711 |