PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA S MUHAMMADIYAH 2 MEDAN T.A 2022/2023

HASIBUAN, LELI HERAWATI (2023) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA S MUHAMMADIYAH 2 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7182141006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7182141006 COVER.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7182141006 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7182141006 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7182141006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7182141006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7182141006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7182141006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7182141006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7182141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7182141006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7182141006 TABLES.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7182141006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7182141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7182141006 APPENDICE.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7182141006 APPENDICE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7182141006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7182141006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7182141006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7182141006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7182141006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7182141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA S Muhammadiyah 2 Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi Edukatif dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA S Muhammadiyah 2 Medan T.A 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 133 orang siswa. Sampel sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu Random Samplig. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan penyebaran angket.. Kemudian data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda, dengan uji hipotesis yaitu uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 22, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 38,855 + 0,288X1 + 0,33X2 + e. Analisis uji t untuk variabel Interaksi Edukatif (X1) diperoleh thitung>ttabel (5,405 > 1,66055) dengan nilai sig α 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa Interaksi Edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Untuk variabel Kemampuan Berpikir Kritis (X2) diperoleh thitung>ttabel (6,123 > 1,66055) dengan nilai sig α 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa Kemampuan Berpikir Kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan hasil uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung>Ftabel (44,509 > 3,09). Dengan nilai sig α 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Interaksi Edukatif (X1) dan Kemampuan Berpikir Kritis (X2) terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Interaksi Edukatif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pretasi Belajar Ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:06
Last Modified: 11 Oct 2023 02:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50711

Actions (login required)

View Item
View Item