SIMANGUNSONG, YOSELINE NORA (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJAR 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183342018 COVER.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
2. NIM. 7183342018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
3. NIM. 7183342018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM. 7183342018 APPROVAL PREFACE.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
5. NIM. 7183342018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
6. NIM. 7183342018 TABLES.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
7. NIM. 7183342018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
8. NIM. 7183342018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
9. NIM. 7183342018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
13. NIM. 7183342018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
14. NIM. 7183342018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi siswa yang kurang optimal di kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 102 siswa dan sampel sebanyak 81 siswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Kemudian data setiap variabel yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 22,625 + 0,344X1 + 0,425X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel sebesar 7,002 > 1,659 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel sebesar 4,886 > 1,659 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dan nilai R Square sebesar 0,467, Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 45,3% sedangkan sisanya 54,7% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 May 2023 04:27 |
Last Modified: | 15 May 2023 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50700 |