PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJARSISWA PADA KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI BIAYA KELAS XII DI SMK SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

HADIJAH (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJARSISWA PADA KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI BIAYA KELAS XII DI SMK SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.7181142006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7181142006 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.7181142006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.7181142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7181142006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7181142006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.7181142006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM.7181142006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.7181142006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.7181142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.7181142006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.7181142006 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.7181142006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.7181142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.7181142006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM.7181142006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM.7181142006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM.7181142006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.7181142006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM.7181142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AKL SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Problem Based Learning.
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII AKL yang berjumlah 17 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 8 (47%) yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 14 siswa (82,3%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre test 62,6% dengan siswa yang tuntas 5 siswa (29,4%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata 68% dengan siswa yang tuntas 8 siswa (47%) dan meningkat di hasil post test II dengan nilai rata-rata 93% dengan siswa yang tuntas 17 siswa (100%%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥90%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Akuntansi Biaya Kelas XII di SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keaktifan Belajar,Hasil Belajar Akuntansi, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 15 May 2023 04:15
Last Modified: 15 May 2023 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50697

Actions (login required)

View Item
View Item