HADIJAH (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJARSISWA PADA KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI BIAYA KELAS XII DI SMK SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7181142006 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM.7181142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. NIM.7181142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM.7181142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM.7181142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM.7181142006 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM.7181142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM.7181142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
12. NIM.7181142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13. NIM.7181142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AKL SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Problem Based Learning.
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII AKL yang berjumlah 17 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 8 (47%) yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 14 siswa (82,3%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre test 62,6% dengan siswa yang tuntas 5 siswa (29,4%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata 68% dengan siswa yang tuntas 8 siswa (47%) dan meningkat di hasil post test II dengan nilai rata-rata 93% dengan siswa yang tuntas 17 siswa (100%%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥90%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Akuntansi Biaya Kelas XII di SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan Belajar,Hasil Belajar Akuntansi, Problem Based Learning. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 May 2023 04:15 |
Last Modified: | 15 May 2023 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50697 |