MANIK, SHINDY LIVANI BR (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182142017 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM 7182142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
3. NIM 7182142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 7182142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
5. NIM 7182142017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
6. NIM 7182142017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM 7182142017 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
8. NIM 7182142017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
9. NIM 7182142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
13. NIM 7182142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14. NIM 7182142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa jurusan akuntansi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 56 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 40 pernyataan dengan skala likert 4 point, 12 pernyataan untuk lingkungan keluarga, 12 pernyataan untuk fasilitas belajar dan 16 pernyataan untuk motivasi belajar. Angket penelitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 24.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 4,079+ 0,726X1 + 0,490X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 4,149 > 2,004 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Fasilitas belajar juga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 2,879> 2,004 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,006 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 51%, sedangkan sisanya 49% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2023 01:00 |
Last Modified: | 12 May 2023 01:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50693 |