HANDAYANI, RIKA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADAKOMPETENSI DASAR PENJUALAN ANGSURAN KELASXI AKUNTANSI SMK SWASTAERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.7181142010 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2.NIM.7181142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3.NIM.7181142010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4.NIM.7181142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5.NIM.7181142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6.NIM.7181142010 TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7.NIM.7181142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8.NIM.7181142010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9.NIM.7181142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13.NIM.7181142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14.NIM.7181142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AKL SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Student Team Achievement Division
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL yang berjumlah 21 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 10 (47.6%) yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 19 siswa (90.5%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre test 59.5% dengan siswa yang tuntas 7 siswa (33.3%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata 75.2% dengan siswa yang tuntas 15 siswa (71.4%) dan meningkat di hasil post test II dengan nilai rata-rata 94.0% dengan siswa yang tuntas 20 siswa (95.2%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥90% . Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement division (STAD) dapat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Penjualan Angsuran Kelas XI AKL di SMK Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Student Team Achievement Division. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2023 00:57 |
Last Modified: | 12 May 2023 00:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50691 |