ANDREANI, HELEN (2022) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AK 1 MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7181142003 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 7181142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
3. NIM. 7181142003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
4. NIM. 7181142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
5. NIM. 7181142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
6. NIM. 7181142003 TABLES.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7. NIM. 7181142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
8. NIM. 7181142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
9. NIM. 7181142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
13. NIM. 7181142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM. 7181142003 BIBLIOGRRAPHY.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK 1 di SMK Negeri 1 Patumbak. Tujuan Penelitian ini adalah untuik mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK 1 di SMK Negeri 1 Patumbak melalui implemntasi model problemn based learning berbantu media powtoon.
Penlitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak yang beralamat di JL.Pertahanan Ujung, Lantasan Baru, Kec. Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Prov.Sumatera Utara pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media Powtoondalam upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Adapun teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 17 siswa (47%) yang termasuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kedalam kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 33 siswa (92%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥71,88%. Kemudian melalui hasil dari analisis daata diketahui data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata daari pre-test 67,5 dengan perolehan siswa yang tuntas berjumlah 14 siswa (39%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata 76,11 dengan perolehan siswa yang tuntas berjumlah 25 siswa (69%) dan meningkat di hasil post-test II dengan nilai rata-rata 80,69 dengan perolehan siswa yang tuntas 33 siswa (92%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥80%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa implemntasi model problemn based learning berbantu media powtoon dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK 1 mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 1 Patumbak tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, ModelProblem Based Leraning Berbantu Media Powtoon. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 May 2023 03:56 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50683 |