KARLINA, AYU (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AK 3 PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7181142004 COVER.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
2. NIM. 7181142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
3. NIM. 7181142004 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4. NIM. 7181142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
5. NIM. 7181142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
6. NIM.7181142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM. 7181142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
8. NIM. 7181142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
9. NIM. 7181142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
13. NIM. 7181142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
14. NIM. 7181142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Ajaran 2022/2023 melalui pengimplementasian model Think Pair Share.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Patumbak karena sebagai salah satu sekolah kejuruan terakreditasi A di Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 3 yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran ThinkPair Share. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 14 (40%) yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa kriteria sangat aktif dan aktif berjumlah 33 orang (94%), sehingga aktivitas siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 80% dan hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikal yaitu ≥80%. rata-rata nilai yang diperoleh dari post-test siklus I yaitu 68,71 dan memiliki ketuntasan belajar siswa sebesar 22,85%. Pada post-test siklus II diperoleh rata-rata nilai 83,57 dan memiliki ketuntasan belajar siswa 91,42%. Hal ini merupakan nilai yang telah melebihi standar yaitu proses belajar mengajar dikatakan berhasil apabila 80% siswa telah mencapai nilai minimal (KKM) 75. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran think pair share dapat (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas XI AK 3 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di SMK Negeri 1 Patumbak T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Think Pair Share. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 May 2023 03:54 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50680 |