Hasibuan, Jumiyati (2023) ANALISIS PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173144016 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 7173144016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
3. NIM 7173144016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 7173144016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 7173144016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM 7173144016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. NIM 7173144016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7173144016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7173144016 BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
13. NIM 7173144016 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 7173144016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan agar mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampling adalah total sampling sebanyak 63 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Validasi instrument dihitung menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolerianitas, analisis regresi lnear berganda dan uji hipotesis (uji t dan f dan R2). Pengolahan data menggunakan IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji-t) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (4.745>1.670)dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Terdapat pengaruh yang positif minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (2.895>1.670) dan nilai signifikansi (0,005<0,05). Secara simultan terdapat pengaruh yang positif serta signifikan antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (14.362> 3.15) serta signifikansi (0,000< 0,05). Artinya semakin baik kecerdasan emosional dan semakin baik minat belajar mahasiswa maka akan semakin baik pula prestasi belajaryang dimiliki oleh mahasiswa. Kecerdasan emosional dan prestasi belajar memberikan pengaruh 32.4% terhadap prestasi belajar sementara 67.6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 May 2023 03:24 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50672 |