IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN PERAN TUTOR SEBAYA UNTUK MEMINIMALISASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEL DI SMA YAYASAN PENDIDIKAN MULIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hasibuan, Hanifah Hafni (2016) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN PERAN TUTOR SEBAYA UNTUK MEMINIMALISASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEL DI SMA YAYASAN PENDIDIKAN MULIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4113341021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4113341021 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4113341021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4113341021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4113341021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4113341021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4113341021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4113341021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4113341021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4113341021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4113341021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4113341021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4113341021 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4113341021 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4113341021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4113341021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4113341021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4113341021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4113341021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4113341021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4113341021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4113341021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya miskonsepsi siswa terhadap materi sel serta, mengetahui ada tidaknya peran tutor sebaya dalam meminimalisasi miskonsepsi siswa pada materi sel di kelas XI IPA SMA Yayasan Pendidikan Mulia Medan. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI IPA SMA Yayasan Pendidikan Mulia Medan dengan pengambilan sampel penelitian secara acak dengan sistem pengundian dan terpilih dua kelas, yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA3 dan jumlah seluruh siswa sampel sebanyak 81 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi siswa SMA Yayasan Pendidikan Mulia Medan sebesar 9,89%. Setelah diberi tutor sebaya maka miskonsepsinya berkurang menjadi 1,28%. Berdasarkan hasil pretes dari 5 indikator terdapat dua indikator dengan jumlah miskonsepsi tertinggi yaitu indikator 5 (menjelaskan mekanisme transpor aktif, 14,09%) dan indikator 3 (menjelaskan fungsi organel-organel sel, 12,47%). Berdasarkan tingkat kognitif soal siswa paling banyak mengalami miskonsepsi yaitu pada C4 (analisis, 13,76%), dan C6 (Kreasi, 13,71%). Berdasarkan hasil postes terdapat dua indikator dengan jumlah miskonsepsi tertinggi yaitu pada indikator 5 (Menjelaskan mekansime transpor aktif, 2,47%) dan indikator 3 (Menjelaskan fungsi organel-organel sel, 1,23%). Berdasarkan tingkat kognitif soal, siswa paling banyak mengalami miskonsepsi yaitu pada soal C4 (analisis, 2,01%), dan C3 (penerapan, 1,54%). Dari hasil pengujian hipotesis thitung (21,17) > ttabel (1,66412) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat peran tutor sebaya dalam meminimalisasi miskonsepsi siswa pada materi sel di kelas XI IPA SMA Yayasan Pendidikan Mulia Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 041
Keywords: Miskonsepsi: Ttutor Sebaya; Materi Sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 May 2016 18:59
Last Modified: 02 May 2016 18:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item
View Item