Hasibuan, Hanifah Hafni (2016) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DAN PERAN TUTOR SEBAYA UNTUK MEMINIMALISASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEL DI SMA YAYASAN PENDIDIKAN MULIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113341021 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 4113341021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 4113341021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 4113341021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 4113341021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 4113341021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4113341021 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 4113341021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 4113341021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM. 4113341021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM. 4113341021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya miskonsepsi siswa terhadap materi sel serta, mengetahui ada tidaknya peran tutor sebaya dalam meminimalisasi miskonsepsi siswa pada materi sel di kelas XI IPA SMA Yayasan Pendidikan Mulia Medan. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI IPA SMA Yayasan Pendidikan Mulia Medan dengan pengambilan sampel penelitian secara acak dengan sistem pengundian dan terpilih dua kelas, yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA3 dan jumlah seluruh siswa sampel sebanyak 81 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi siswa SMA Yayasan Pendidikan Mulia Medan sebesar 9,89%. Setelah diberi tutor sebaya maka miskonsepsinya berkurang menjadi 1,28%. Berdasarkan hasil pretes dari 5 indikator terdapat dua indikator dengan jumlah miskonsepsi tertinggi yaitu indikator 5 (menjelaskan mekanisme transpor aktif, 14,09%) dan indikator 3 (menjelaskan fungsi organel-organel sel, 12,47%). Berdasarkan tingkat kognitif soal siswa paling banyak mengalami miskonsepsi yaitu pada C4 (analisis, 13,76%), dan C6 (Kreasi, 13,71%). Berdasarkan hasil postes terdapat dua indikator dengan jumlah miskonsepsi tertinggi yaitu pada indikator 5 (Menjelaskan mekansime transpor aktif, 2,47%) dan indikator 3 (Menjelaskan fungsi organel-organel sel, 1,23%). Berdasarkan tingkat kognitif soal, siswa paling banyak mengalami miskonsepsi yaitu pada soal C4 (analisis, 2,01%), dan C3 (penerapan, 1,54%). Dari hasil pengujian hipotesis thitung (21,17) > ttabel (1,66412) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat peran tutor sebaya dalam meminimalisasi miskonsepsi siswa pada materi sel di kelas XI IPA SMA Yayasan Pendidikan Mulia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 041 |
Keywords: | Miskonsepsi: Ttutor Sebaya; Materi Sel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2016 18:59 |
Last Modified: | 02 May 2016 18:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5058 |