Fadhilah, Alfiyyah (2022) Pengaruh Reward Menggunakan Teknik Token Ekonomi dalam Meningkatkan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 05 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1182113011 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM 1182113011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1182113011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM 1182113011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 1182113011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM 1182113011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 1182113011 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 1182113011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 1182113011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
13. NIM 1182113011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM 1182113011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward menggunakan teknik token ekonomi dalam meningkatkan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK ABA 05 Medan tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian
merupakan peserta didik semester II dari kelompok B berjumlah 90 orang peserta didik yang berasal dari 8 kelas. Sampel penelitian berjumlah 22 orang peserta didik yang berasal dari 2 kelas yang berbeda dan ditentukan melalui teknik nonprobability sampling atau sampel tidak diambil secara random. Sampel penelitian dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan mendapat perlakuan melalui pemberian reward menggunakan teknik token ekonomi, sedangkan kelompok kontrol mendapat perlakuan melalui teguran. Data dikumpulkan dengan enggunakan instrumen lembar observasi untuk memperoleh data pretest dan posttest, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t test dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reward menggunakan teknik token ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan perilaku disiplin anak usia 5-6 tahun di TK ABA 05 Medan. Pemberian perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok memberikan hasil yang berbeda pula. Pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan perilaku disiplin sebesar 26,7%. Sedangkan pada kelompok kontrol
terjadi peningkatan perilaku disiplin sebesar 14,2%. erolehan tersebut menunjukkan bahwa disiplin anak menjadi lebih baik setelah mendapatkan perlakuan dibandingkan sebelum mendapatkan perlakuan. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru untuk dapat menerapkan reward menggunakan teknik token ekonomi dalam mendisiplinkan peserta didik khususnya pada anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Anak Usia 5-6 Tahun; Disiplin; Reward; Token Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 04:14 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50507 |