PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Ginting, Randika Jamana (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4182131010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4182131010 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4182131010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4182131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4182131010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4182131010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4182131010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4182131010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4182131010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4182131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4182131010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4182131010 TABLES.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4182131010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4182131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4182131010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4182131010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4182131010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4182131010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4182131010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4182131010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4182131010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4182131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat validasi modul pembelajaran pada pokok bahasan asam-basa yang dikembangkan berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik, (2) mengetahui hasil belajar siswa terhadap modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan asam-basa, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan asam-basa. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model ADDIE pada setiap tahapannya (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 dosen kimia dan 1 guru kimia. Rata-rata hasil analisis modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh dosen dan guru kimia yang telah dikembangkan sebesar ± 3,26 dengan maksimal penilaian tertinggi sebesar 4. Ini adalah kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan penilaian persentase respon siswa terhadap modul yang telah dikembangkan sebesar 71,31 (cukup tinggi). Menggunakan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan asam-basa, hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,43% dengan skor maksimal
100 dan minimum ± 75 serta rata-rata dari posttest sebesar ± 86 > Nilai KKM sebesar ± 75. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji hipotesis yang dilakukan menghasilkan thitung > ttabel yaitu 12,36 > 1,69. Penelitian ini menyimpulkan bahwa modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan asam basa mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan mampu meningkatkan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-KIM-113 / 371.33 Gin p
Keywords: Modul Problem Based Learning; Asam-Basa; Pendekatan Saintifik; model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:46
Last Modified: 28 Feb 2023 08:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50262

Actions (login required)

View Item
View Item