PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN

Noviasari, Eka (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183111104 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183111104 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183111104 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183111104 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183111104 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183111104 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183111104 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183111104 PREFACE.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183111104 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183111104 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183111104 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183111104 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183111104 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183111104 TABLES.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183111104 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183111104 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183111104 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183111104 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183111104 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183111104 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183111104 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183111104 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dengan 33 siswa yang diberikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan 33 siswa yang diberikan penerapan model pembelajaran konvensional. Instrumen pada penelitian ini berupa angket keaktifan belajar dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan kolmogorov smirnov dan uji homogenitas dengan test of homogeneity of variance. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh bahwa semua data berdistribusi normal serta homogen. Maka dilanjutkan uji hipotesis dengan uji T-test independen. Setelah dilakukan pengujian data keaktifan belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,013 > 1,669, dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya dilakukan pengujian data hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,515 > 1,669, dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan siswa kelas VIII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-258 / 371.33 Nov p
Keywords: Time Token; Keaktifan Belajar; Hasil Belajar; Eksperimen Semu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:26
Last Modified: 24 Jan 2023 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50222

Actions (login required)

View Item
View Item