Noviasari, Eka (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111104 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM 4183111104 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
3. NIM 4183111104 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM 4183111104 PREFACE.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
5. NIM 4183111104 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM 4183111104 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM 4183111104 TABLES.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
8. NIM 4183111104 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
9. NIM 4183111104 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
13. NIM 4183111104 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM 4183111104 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dengan 33 siswa yang diberikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan 33 siswa yang diberikan penerapan model pembelajaran konvensional. Instrumen pada penelitian ini berupa angket keaktifan belajar dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan kolmogorov smirnov dan uji homogenitas dengan test of homogeneity of variance. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh bahwa semua data berdistribusi normal serta homogen. Maka dilanjutkan uji hipotesis dengan uji T-test independen. Setelah dilakukan pengujian data keaktifan belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,013 > 1,669, dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya dilakukan pengujian data hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,515 > 1,669, dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan siswa kelas VIII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-258 / 371.33 Nov p |
Keywords: | Time Token; Keaktifan Belajar; Hasil Belajar; Eksperimen Semu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:26 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50222 |