Inoventa, Elya (2022) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF DI SMPN 1 LABUHAN DELI T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173351004 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4173351004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4173351004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM 4173351004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM 4173351004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6. NIM 4173351004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 4173351004 TABLES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM 4173351004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM 4173351004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM 4173351004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM 4173351004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model mengajar menginduksi perubahan konsep (M3PK) lebih tinggi dari pada model pembelajaran Konvensional Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli T.P.2021/2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling pada penelitian ini, sampel yang di gunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII. Dipilih 2 kelas secara acak dari populasi yang dianggap homogen. Satu kelas sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan satu kelas lainnya sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah di validkan oleh Validator, kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda tes. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar Zat Aditif dan Adiktif pada kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 54,35 % (lima puluh empat koma tiga puluh lima), sedangkan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) memiliki nilai rata-rata sebesar 71,25 % (tujuh puluh satu koma dua puluh lima). Dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test untuk hasil belajar kognitif materi Zat Aditif dan Adiktif pada kedua kelompok di atas, maka dapat diketahui bahwa peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan yang terjadi pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-020 / 371.33 Ino p |
Keywords: | M3PK; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:22 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50215 |