ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTS CERDAS MURNI T.A 2021/2022

Salwa, Ghina (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTS CERDAS MURNI T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4183351019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4183351019 COVER.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 2. 4183351019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 4183351019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 3. 4183351019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4183351019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 4. 4183351019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 4183351019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 5. 4183351019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 4183351019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 6. 4183351019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. 4183351019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 7. 4183351019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 4183351019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 8. 4183351019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 4183351019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 9. 4183351019 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 4183351019 BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 13. 4183351019 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 4183351019 BAB V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 14. 4183351019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 4183351019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berpikir kritis materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Cerdas Murni dan kemampuan siswa dalam berpikir kritis kelas VII MTs Cerdas Murni pada setiap indikator kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Kelas yang terpilih adalah kelas VII-2 dengan jumlah sampel 27 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes essay berpikir kritis berjumlah 12 soal dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest 35,70 (sangat rendah). Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil indikator pretest pada memberikan penjelasan sederhana sebesar 26,90 (sangat rendah), membangun keterampilan dasar 55,55 (rendah), menyimpulkan 42,71 (sangat rendah), memberikan penjelasan lebih lanjut 29,99 (sangat rendah), dan menyusun strategi dan taktik 36,66 (sangat rendah). Penerapan model PBL menyebabkan siswa mampu berpikir kritis dilihat dari hasil rata-rata lembar observasi 78,9 (baik). Hasil posttes siswa juga membaik dengan nilai 62,70 (sedang), indikator berpikir kritis siswa setelah posttest yakni memberikan penjelasan sederhana nilainya 56,29 (rendah), membangun keterampilan dasar 78,14 (sedang), menyimpulkan 74,56 (sedang), memberikan penjelasan lebih lanjut 71,85 (sedang), serta menyusun strategi dan taktik 70,06 (sedang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-IPA-026 / 153.42 Sal a
Keywords: Critical Thinking Ability, Environmental Pollution Material
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:42
Last Modified: 13 Feb 2023 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50207

Actions (login required)

View Item
View Item