Salwa, Ghina (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTS CERDAS MURNI T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183351019 COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
2. 4183351019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. 4183351019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. 4183351019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. 4183351019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. 4183351019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
7. 4183351019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. 4183351019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
9. 4183351019 BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. 4183351019 BAB V.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
14. 4183351019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berpikir kritis materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Cerdas Murni dan kemampuan siswa dalam berpikir kritis kelas VII MTs Cerdas Murni pada setiap indikator kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Kelas yang terpilih adalah kelas VII-2 dengan jumlah sampel 27 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes essay berpikir kritis berjumlah 12 soal dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest 35,70 (sangat rendah). Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil indikator pretest pada memberikan penjelasan sederhana sebesar 26,90 (sangat rendah), membangun keterampilan dasar 55,55 (rendah), menyimpulkan 42,71 (sangat rendah), memberikan penjelasan lebih lanjut 29,99 (sangat rendah), dan menyusun strategi dan taktik 36,66 (sangat rendah). Penerapan model PBL menyebabkan siswa mampu berpikir kritis dilihat dari hasil rata-rata lembar observasi 78,9 (baik). Hasil posttes siswa juga membaik dengan nilai 62,70 (sedang), indikator berpikir kritis siswa setelah posttest yakni memberikan penjelasan sederhana nilainya 56,29 (rendah), membangun keterampilan dasar 78,14 (sedang), menyimpulkan 74,56 (sedang), memberikan penjelasan lebih lanjut 71,85 (sedang), serta menyusun strategi dan taktik 70,06 (sedang).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-026 / 153.42 Sal a |
Keywords: | Critical Thinking Ability, Environmental Pollution Material |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 08:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50207 |