Silalahi, Veronica M F (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KREATIF PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH DI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183121049 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4183121049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM. 4183121049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM. 4183121049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 4183121049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 4183121049 TABLES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. NIM. 4183121049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
8. NIM. 4183121049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM. 4183121049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
13. NIM. 4183121049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 4183121049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes berpikir kreatif pada materi Rangkaian Arus Searah melalui hasil analisis validitas, realibilitas dan uji respon serta untuk mengetahui respon siswa terhadap instrumen tes berpikir kreatif yang dikembangkan. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini merupakan 15 orang siswa kelas XII MIA 3 SMA Negeri 1 Sumbul sebagai kelas uji kelompok kecil dan 69 orang siswa kelas XII MIA 1 dan XII MIA 3 SMA Negeri 1 Sumbul sebagai kelas uji kelompok besar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Dengan instrumen penelitian yang terdiri dari lembar wawancara, instrumen tes dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data produk akhir yang diperoleh adalah sebanyak 11 butir soal uraian instrumen tes berpikir kreatif yang valid dan memiliki nilai realiabilitas sebesar 0,7863 dengan kategori tinggi. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari uji respon siswa adalah sebesar 229,1 dengan hasil persentase sebesar 82,96% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen tes berpikir kreatif pada materi rangkaian arus searah yang dikembangkan sudah layak digunakan menurut ahli materi dan guru mata pelajaran fisika di sekolah, hasil validitas, realibilitas serta uji respon siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-092 / 371.33 Sil p |
Keywords: | Pengembangan Instrumen Tes; Berpikir Kreatif; Rangkaian Arus Searah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 01:33 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50200 |