Girsang, Fauzi (2022) PENGEMBANGAN LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4182151015 COVER.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
2. 4182151015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. 4182151015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
4. 4182151015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
5. 4182151015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
6. 4182151015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
7. 4182151015 TABLES.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
8. 4182151015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
9. 4182151015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
13. 4182151015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
14. 4182151015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD yang dikembangkan dengan berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia, mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan dengan berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia, serta mengetahui keefektifan LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Uji coba produk meliputi uji coba kelompok kecil dengan sampel sebanyak 10 orang dan uji coba kelompok besar yang terdiri dari 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi oleh ahli materi, pembelajaran, dan desain, serta tes dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem ekskresi manusia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik bersadarkan penilaian dari dua ahli materi, dua ahli pembelajaran, dan dua ahli desain dengan skor rata-rata beruntun: 91,1%, 91,54%, dan 90,62% dengan kriteria sangat layak. LKPD yang dikembangkan juga mendapat respon layak dari peserta didik dengan hasil yang diperoleh pada kelompok kecil dengan rata-rata 81,6% dan rata-rata kelompok besar 96,5% serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dengan rata-rata hasil pretest sebesar 44,33 dan rata-rata hasil posttest sebesar 84,25 dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,71 dengan interpretasi tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-023 / 371.33 Gir p |
Keywords: | Berpikir kreatif; LKPD; Pendekatan STEM |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:58 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50199 |