Daulay, Ulva Idaryani (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES SOAL HOTS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA 1 PADANG BOLAK JULU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181121009 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4181121009 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
3. NIM. 4181121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 4181121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
5. NIM. 4181121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 4181121009 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 4181121009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 4181121009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 4181121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
13. NIM. 4181121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM. 4181121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes soal HOTS berbasis pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu yang berkategorikan layak digunakan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan model pengembangan Martin Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary, tahap self evaluation (analisis kurikulum, peserta didik, materi, dan desain), tahap prototyping (validasi, evaluasi, dan revisi) yang meliputi expert review, one-to-one dan small group serta field tes. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Sebanyak 25 Siswa. Hasil dari pengembangan ditinjau dari validitas yang dilakukan oleh 3 validator di dapatkan nilai rata rata 3,73 % dengan kesimpulan sangatvalid, kemudian untuk uji reliabilitas di dapatkan realibitas soal dalam penelitian ini adalah 0,7 dengan nilai reliabilitas yang memiliki kategori reliable. Tingkat kesukaran soal dapat dikatakan memiliki kesukaran sedang berjumlah 8 dari 10 soal dan 2 lagi kategori mudah. Secara keseluruhan daya pembeda pada pemecahan masalahpada matei suhu dan kalor yang diproleh dalam instrumen test 20% mudan dan 80% sedang. Penelitian ini juga memiliki bentuk struktur test yang memiliki stimulus menarik dan praktis, kisi-kisi soal yang sesuai dengan materi dan tujuan pengembangan soal yang telah dapat kevalidan dari para ahli,petunjuk soal yang jelas, serta bentuk soalyang mudah dipahami dalam segi bahasa dan membuat siswa lebih berpikir kiritis dengan memikirkan solusi dari permasalahan yang ada dan soal dapat megukur dan memberikan hasil ukur yang tepat dan akurat sesuai dengan maksud dikembangankannya tes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-097 / 371.33 Dau p |
Keywords: | Pengembangan Instrumen Tes; HOTS; Berbasis Pemecahan Masalah; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 01:22 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50197 |