Sari, Nila (2022) ANALISIS SISTEM JARINGAN TRANSPORTASI DI KOTA MEDAN DENGAN ALGORITMA FORD-FULKERSON. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4172230010 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4172230010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM 4172230010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 4172230010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM 4172230010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM 4172230010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4172230010 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4172230010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4172230010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 4172230010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 4172230010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Transportasi ialah proses berpindahnya manusia ataupun barang dari satu tempat ke tempat lain. Angkutan umum merupakan salah satu alat transportasi darat dengan rute yang sudah ditentukan tanpa adanya jadwal tetap untuk melewati ruas jalan. Graf ialah kumpulan garis-garis yang terhubung dan memiliki titik sumber dan titik tujuan sedangkan jaringan transportasi merupakan sebuah graf yang memiliki arah dan bobot disetiap sisinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis besar kapasitas maksimum suatu jaringan transportasi dengan menggunakan Algoritma Ford-Fulkerson. Data penelitian berupa banyaknya jenis angkutan umum yang ada di Kota Medan sekaligus trayek (rutenya). Data diperoleh langsung dari arsip Dinas Perhubungan Kota Medan. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil besarnya kapasitas maksimum yang dapat melalui jaringan transportasi sebesar 9 jenis angkutan umum. Jalur yang melalui Jl. HM. Yamin - Jl. Stasiun KA dan jalur yang melalui Jl. Yos Sudarso - Jl. Rivai A Manaf telah melebihi kapasitas. Karena terhitung banyaknya jenis angkutan umum yang melalui kedua jalur jalan tersebut berturut-turut adalah 11 dan 12 jenis angkutan umum. Tetapi jalur yang lainnya masih rendah (kurang dari atau sama dengan kapasitas yang didapatkan dari analisis penelitian). Sehingga diharapkan untuk mengalihkan beberapa jenis angkutan umum yang ada di jalur jalan yang melebihi kapasitas ke jalur jalan yang masih lengang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 088 |
Keywords: | Graf; Algoritma Ford-Fulkerson; Sistem jaringan transportasi; Rute angkutan umum; Software QM For Windows |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:37 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50149 |