Haro, Taolia Rosalina (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING, MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TP 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM 4173141067 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM 4173141067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
3. NIM 4173141067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 4173141067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 4173141067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM 4173141067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM 4173141067 TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM 4173141067 AAPPENDICE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM 4173141067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. NIM 4173141067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 4173141067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
Abstract
Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah melanda hampir seluruh negara termasuk Indonesia dimana untuk kasus pertama yang terjadi di Indonesia tepatnya pada bulan Maret 2020 dan terus meningkat setiap bulannya sehingga
pemerintah merubah sistem pendidikan di Indonesia menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring dalam menekan laju penyebaran virus.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring, motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia di SMA Negeri 1 Batang Kuis selama pandemi Covid-19 serta mengetahui hubungan antara pelaksanaan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batang Kuis TP 2020/2021 pada bulan Maret sampai bulan Mei 2021. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 71 orang siswa dari dua kelas yang dipilih secara
acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pelaksanaan pembelajaran daring, angket motivasi belajar dan test kemampuan berpikir kritis.
Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pembelajaran daring dalam kategori baik dan aplikasi whatsapp grup adalah aplikasi yang paling sering digunakan disusul dengan google classroom dan kemudian youtube. Motivasi belajar siswa paling banyak berada pada kategori tinggi, disusul dengan kategori rendah selanjutnya kategori sangat rendah dan hanya 7 orang yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia paling banyak berada pada kategori rendah, disusul dengan kategori sedang selanjutnya kategori sangat rendah dan hanya 5 orang siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis pada krategori tinggi. Secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata dengan rata-rata 60,49.Hubungan antara pelaksanaan pembelajaran daring dengan
motivasi belajar siswa memperoleh hasil yang rendah yaitu diperoleh nilai Sig. (2- tailed) < 0.05 berbanding terbalik denganhubungan pelaksanaan pembelajaran daring dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuisdimana nilai Sig. (2-tailed) > 0,05maka dapat disimpulkan terdapat korelasi (hubungan) antara variabel Pembelajaran daring terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
dengan kriteria korelasi negatif dan sesuai dengan sumber yang telah dicantumkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 068 |
Keywords: | Pembelajaran daring; Motivasi belajar; Berpikir kritis; Sistem pernapasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:07 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50146 |