SILABAN, AMZON NIAGARA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2. 7183144028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
1. 7183144028 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. 7183144028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 7183144028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. 7183144028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. 7183144028 TABLES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. 7183144028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. 7183144028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9. 7183144028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. 7183144028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. 7183144028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Guru masih menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran. (2) rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Korespondensi SMK Negeri 6 Medan. (2) Hasil belajar yang diajarkan dengan model Blended Learning lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar dengan model konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan, Jalan Jambi Pandau Hilir, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi berjumlah 144 peserta didik. Sampel yang diambil pada penelitian berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Sampling. Kelas X AP 1 dengan jumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP 2 dengan jumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa statistik dengan Kolmogorov-smirnov dan Shapiro-wilk untuk pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan uji-t. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif serta signifikan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi kelas
X. Hal ini terbukti melalui perhitungan Microsoft Excel dengan ketentuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Blended Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:01 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50142 |