Wardani, Siti (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BIOLOGI MATERI HUKUM MENDEL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XII MIA SMA SWASTA SRI LANGKAT TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4171141045 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4171141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
3. NIM. 4171141045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
4. NIM. 4171141045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 4171141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 4171141045 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4171141045 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
8. NIM. 4171141045 LIST OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4171141045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
13. NIM. 4171141045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM. 4171141045 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar dari aspek kemampuan kognitif siswa sub materi Hukum Mendel pada masa pandemi covid-19 di kelas XII MIA dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2021 hingga 23 Juni 2021 yang bertempat di SMA Swasta Sri Langkat Tanjung Pura. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 36 sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda dan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa di masa pandemi Covid-19 siswa mengalami kesulitan belajar di setiap aspek kognitif C1-C6 secara berturut-turut sebesar 81,25 % , 78,47%, 69,44%, 60,42%, 36,81% , dan 27,78% dengan kategori sangat tinggi. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dimasa pandemi Covid-19 dibedakan menjadi faktor internal dan eksternal. faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dengan nilai tertinggi yaitu pada faktor eksternal yang terdiri dari indikator media dan orang tua yang mendapatkan nilai masing-masing 72,22% dan 74,21% dengan kategori menghambat. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada sub materi hukum Mendel. Faktor internal dan eksternal samasama mempengaruhi kesulitan belajar siswa di masa pandemi Covid-19 tetapi yang
sangat mempengaruhi kesulitan belajar yaitu faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 059 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Hukum mendel; Hereditas; Pandemi covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:10 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50122 |