PENGARUH PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ONLINE DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

LUBIS, MUHAMMAD SYAFRIZAL (2022) PENGARUH PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ONLINE DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 2. NIM. 7183142003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7183142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 1. NIM. 7183142003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7183142003 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7183142003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7183142003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7183142003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7183142003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7183142003 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7183142003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7183142003 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7183142003 TABELS.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7183142003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7183142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7183142003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7183142003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7183142003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7183142003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7183142003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7183142003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7183142003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7183142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD SYAFRIZAL LUBIS, NIM. 7183142003. Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran Online Dan Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya pemahaman akuntansi biaya mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2020 pada mata kuliah akuntansi biaya selama pembelajaran online dikarenakan Pengelolaan Pembelajaran Online dan Penggunaan Multimedia Interaktif yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pengelolaan Pembelajaran Online dan Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Pemahaman Akuntansi Biaya Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, tepatnya Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Stambuk 2020. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 86 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 34 pernyataan dengan skala likert 4 point, 10 pernyataan untuk pengelolaan pembelajaran online, 10 pernyataan untuk penggunaan multimedia interaktif, dan 14 pernyataan untuk pemahaman akuntansi biaya. Angket penelitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 5,668 + 0,911 X1 + 0,448 X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengelolaan Pembelajaran Online terhadap pemahaman akuntansi biaya mahasiswa pendidikan akuntansi dengan nilai thitung sebesar 5,077 > 1,666 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005. Penggunaan Multimedia Interaktif juga berpengaruh signifikan terhadap Pemahaman Akuntansi Biaya mahasiswa pendidikan akuntansi dengan nilai thitung sebesar 2,457 > 1,666 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,016 < 0,05 sedangkan pengujian hipotesis secara simultan, variabel bebas bersama-sama berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi biaya mahasiswa pendidikan akuntansi dengan nilai Fhitung sebesar Fhitung 399,070 > 3,124 Ftabel. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 91,5%, sedangkan sisanya 8,5% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan Pengelolaan Pembelajaran Online dan Penggunaan Multimedia Interaktif berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap Pemahaman Akuntansi Biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengelolaan Pembelajaran Online, Penggunaan Multimedia Interaktif, Pemahaman Akuntansi Biaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:15
Last Modified: 17 Jan 2023 08:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50098

Actions (login required)

View Item
View Item