PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SITANGGANG, NIFTY ADELA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7183342012 COVER .pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7183342012 COVER .pdf.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7183342012 APPROVAL .pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7183342012 APPROVAL .pdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.7183342012 PREFACE .pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM.7183342012 PREFACE .pdf.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7183342012 ABSTRACT .pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7183342012 ABSTRACT .pdf.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7183342012 TABLE OF CONTENTS .pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7183342012 TABLE OF CONTENTS .pdf.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7183342012 TABLES .pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7183342012 TABLES .pdf.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7183342012 ILLUSTRATION .pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7183342012 ILLUSTRATION .pdf.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7183342012 CHAPTER I .pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7183342012 CHAPTER I .pdf.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7183342012 CHAPTER V .pdf.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7183342012 CHAPTER V .pdf.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7183342012 BIBLIOGRAPHY .pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7183342012 BIBLIOGRAPHY .pdf.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview

Abstract

NIFTY ADELA SITANGGANG, NIM.7183342012. Pengaruh Model
Pembelajaran ROPES Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi dengan menggunakan model pembelajaran ROPES akan lebih tinggi signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No. 12 E Kampung Baru, Sitirejo II, Kecamatan Medan Amplas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 212 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama dari 6 kelas diambil 2 kelas dengan teknik purposive sampling yaitu kela XI AK 2 sebagai kelas Kontrol dan kelas XI AK 6 sebagai kelas Eksperimen. Dan tahap kedua pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, dan untuk menentukan banyaknya jumlah anggota sampel digunakan rumus Slovin, yaitu sebanyak 60 orang siswa, dengan rincian kelas XI AK 2 (kelas kontrol) berjumlah 30 orang siswa, dan kelas XI AK 6 (kelas eksperimen) berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan soal test. Test ini berupa soal pilihan berganda berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata – rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji – t pada taraf α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata – rata pre – test siswa kelas kontrol = 42,3 dengan standar deviasi = 11,57 dan nilai rata – rata post – test siswa = 69,8 dengan standar deviasi = 10,37. Sedangkan nilai rata – rata pre – test siswa kelas eksperimen = 49,5 dengan standar deviasi = 11,69 dan nilai rata – rata post – test siswa = 92 dengan standar deviasi = 7,49. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji
– t dan diperoleh thitung > ttabel (10,27 > 1,67), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05% dengan dk = n1 + n2 – 2 = 58. Maka dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran ROPES lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 pada materi pelajaran Perusahaan Jasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran ROPES, Hasil Belajar Akuntansi, Konvensional
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:51
Last Modified: 17 Jan 2023 06:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50082

Actions (login required)

View Item
View Item