SIBARANI, HIDAYATI MAULIDA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7182142005 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 7182142005 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
3. NIM 7182142005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 7182142005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 7182142005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM 7182142005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM 7182142005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 7182142005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM 7182142005 BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM 7182142005 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 7182142005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Hidayati Maulida Sibarani, NIM: 7182142005, Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Di SMK Negeri 1 Medan. Skrispsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, 2022.
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi yang berjumlah 140 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Porposive Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan besarnya jumlah sampel digunakan dengan menggunakan rumus Slovin yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang diperoleh dari buku pegangan guru yang mana tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembedanya sudah diuji sehingga tidak perlu lagi diuji cobakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi dan varians, uji normalitas dan uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre test kelas eksperimen adalah 34,167 dengan standar deviasi 11,378 dan kelas kontrol 32,333 dengan standar deviasi 11,651. Nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah 78,667 dengan standar deviasi 11,366 dan kelas kontrol 68 dengan standar deviasi 11,032. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh hasil t_hitung sebesar 3,663 sedangkan t_tabel sebesar 1,672 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 sehingga t_hitung > t_tabel yaitu (3,663 > 1,672) artinya H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:36 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50060 |