SAGALA, SAMUEL H (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN HUMAS DAN KEPROTOKOLAN DI SMK N 1 MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7171144021 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 7171144021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. NIM 7171144021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM 7171144021 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 7171144021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM 7171144021 LIST OF TBEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 7171144021 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 7171144021 LIST OF ATTACHMENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7171144021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
13. NIM 7171144021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 7171144021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
SAMUEL H SAGALA, NIM:7171144021, Pengaruh Model Pembelajaran Contextual dengan Pendekatan Scientific Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan Di SMK N 1
Medan T.P 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual dengan Pendekatan Scientific Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan Di SMK N 1 Medan T.P
2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan, yang berlokasi di Jl. Sindoro No.1, Medan Sumatera Utara. Penelitian ini adalah expost facto dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa seluruh kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Medan, sebanyak 128 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI OTKP 1, 2, 3 dan 4 dengan jumlah 63 dari 128 jumlah siswa, yang diambil dengan teknik acak sederhana (simple random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Croncbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda, Pengujian Hipotesis Parsial (Uji-T), Pengujian Hipotesis Simultan (Uji-f) dan Uji Koefisien Determinasi. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan SPSS Versi 25. Hasil Uji-T menunjukkan Model Pembelajaran Contextual dengan Pendekatan Scientific berpengaruh positif dan signifikasi terhadap Hasil Belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji secara parsial (uji-t) yang menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,052 > 2,000), serta nilai sig < 0,05 (0,045 < 0,05). Serta Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikasn terhadap Hasil Belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji secara parsial (uji -t) yang menunjukkan thitung > ttabel (2,157 > 2,000), serta nilai sig < 0,05 (0,036 <
0,05). Untuk Uji-f diperoleh Fhitung > Ftabel (21,105 > 3,15) serta nilai signifikansi
(0.000 < 0.05). Selanjutnya, koefisien determinasi diperoleh R square sebesar
66,6% pada Model Pembelajaran Contextual dengan Pendekatan Scientific dan Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan SMK Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Contextual dengan Pendekatan Scientific, Motivasi Belajar berpengaruh dan Hasil Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 07:58 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50050 |