Siregar, Azwar (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII DI MTS N 2 PADANG LAWAS UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4181151016 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM. 4181151016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM. 4181151016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
4. NIM. 4181151016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 4181151016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM. 4181151016 TABLE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 4181151016 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
8. NIM. 4181151016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM. 4181151016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
13. NIM. 4181151016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM. 4181151016 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design dan dilaksanakan pada bulan desember 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 235 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, maka kelas yang terplih adalah kelas VIII-2 dengan populasi seluruh sampel adalah 34 siswa dan data siswa ini yang dipakai sebagai sampel pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan instrumen tes essay yang berjumlah 10 butir berkriteria hots. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 32,23 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,17, dengan perolehan nilai tersebut bahwa adanya peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa setelah dilakukannya model pembelajaran berbasis inkuiri. Adapun besarnya peningkatannya adalah 31,6%, dan perolehan data rata-rata gain termasuk kriteria sedang yaitu 0,68. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan, dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis terhadap siswa pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII MTS N 2 Padang Lawas Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 IPA 004 |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Berfikir kritis; Sistem peredaran darah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:52 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 06:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50041 |