PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII DI MTS N 2 PADANG LAWAS UTARA

Siregar, Azwar (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII DI MTS N 2 PADANG LAWAS UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4181151016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181151016 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4181151016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4181151016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181151016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181151016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4181151016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4181151016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4181151016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4181151016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4181151016 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4181151016 TABLE.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4181151016 ILLUSTRASION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4181151016 ILLUSTRASION.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4181151016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4181151016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4181151016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4181151016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4181151016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4181151016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4181151016 BILBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4181151016 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design dan dilaksanakan pada bulan desember 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 235 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, maka kelas yang terplih adalah kelas VIII-2 dengan populasi seluruh sampel adalah 34 siswa dan data siswa ini yang dipakai sebagai sampel pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan instrumen tes essay yang berjumlah 10 butir berkriteria hots. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 32,23 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,17, dengan perolehan nilai tersebut bahwa adanya peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa setelah dilakukannya model pembelajaran berbasis inkuiri. Adapun besarnya peningkatannya adalah 31,6%, dan perolehan data rata-rata gain termasuk kriteria sedang yaitu 0,68. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan, dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis terhadap siswa pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII MTS N 2 Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 IPA 004
Keywords: Pembelajaran inkuiri; Berfikir kritis; Sistem peredaran darah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:52
Last Modified: 01 Feb 2023 06:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50041

Actions (login required)

View Item
View Item