SARI, RIKA PURNAMA (2022) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTKP DI SMK AL-MA’SUM STABAT T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7181144005 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM 7181144005 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM 7181144005 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. NIM 7181144005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM 7181144005 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM 7181144005 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM 7181144005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 7181144005 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM 7181144005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
13. NIM 7181144005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
14. NIM 7181144005 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Rika Purnama Sari, NIM : 7181144005, “Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP Di SMK Al-Ma’sum Stabat T.A 2021/2022”.
Tujuan penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al-Ma’sum Stabat yang berlokasi di Jalan Sei Batang Serangan No.4, Stabat, Kwala Bingai, Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumla 72 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 37 pernyataan dengan skala likert 4 point, 20 pernyataan untuk fasilitas belajar dan 17 pernyataan untuk kemandirian belajar. Namun sebelum angket digunakan dalam penelitian angket tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 23. Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t) , terdapat pengaruh yang signifikan antara Fasilitas Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar dengan nilai thitung 2,201> 1,995ttabel dan nilai signifikansi 0,031< 0,05. Kemandirian Belajar (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan nilai thitung 4,511>1,995 ttabel dan nilai signifikansi (0,000< 0,05). Koefisien determinasi sebesar 0,351 menunjukkan bahwa 35,1% Hasil Belajar dipengaruhi oleh Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar sedangkan sisanya 81,2% , dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fasilitas Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 07:51 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50015 |