POHAN, DINDA SAYLA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN JURNAL KHUSUS PERUSAHAAN MANUFAKTUR KELAS XII DI SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7181142013 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM.7181142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM.7181142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM.7181142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM.7181142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM.7181142013 TABLES.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
7. NIM.7181142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
8. NIM.7181142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
12. NIM.7181142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
13. NIM.7181142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Dinda Sayla Pohan, NIM : 7181142013. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menyusun Jurnal Khusus Perusahaan Manufaktur Kelas XII di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK 2 SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Think Pair Share.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK 2 yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I terdapat 14 (40%) yang masuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 32 siswa (91,4%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥71,88%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre test 60,6% dengan siswa yang tuntas 9 siswa (25,7%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata 68,1% dengan siswa yang tuntas 16 siswa (45,7%) dan meningkat di hasil post test II dengan nilai rata-rata 92,1% dengan siswa yang tuntas 35 siswa (100%%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥90% . Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) dapat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menyusun Jurnal Khusus Perusahaan Manufaktur Kelas XII di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Think Pair Share |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:58 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50011 |