Siahaan, Tiurmauli Oktavia (2022) Peran Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Balige. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183111025 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 3183111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM. 3183111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM. 3183111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 3183111025 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM. 3183111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 3183111025 TABELS.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM. 3183111025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 3183111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM. 3183111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM. 3183111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Balige. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Tarutung No.1, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara 22312. Peran lingkungan yang diteliti adalah peran lingkungan fisik. Kemudian, hasil belajar yang diteliti adalah hasil belajar afektif siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan berjumlah 58 siswa. Karena jumlah populasi dibawah 100 orang, maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini seluruh jumlah populasi, yaitu 58 siswa. Terdapat dua variabel penelitian yaitu peran lingkungan belajar fisik dan hasil belajar sikap. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, camera photo, dan lainnya sesuai kebutuhan. Pada variabel lingkungan belajar fisik, rata-rata skor adalah 79,83% yang berada pada kategori baik, artinya bahwa kondisi lingkungan fisik sekolah nyaman bagi para siswa dan berkonsentrasi saat pembelajaran PPKN. Pada variabel hasil belajar sikap rata-rata skor adalah 81,53% yang berada pada kategori sangat baik, artinya sikap siswa terjaga di ruangan kelas. Maka lingkungan belajar yang baik di kelas berperan dalam hasil belajar siswa dengan sangat baik, situasi di dalam kelas menjadi aman, tentram, dan juga sikap siswa terjaga saat pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-065 |
Keywords: | Peran Lingkungan; Proses Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 09:25 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49944 |